Minggu, 04 Desember 2011

Manajemen Mutu MTs Al-Ma'ruf


A.    Strategi Madrasah
  1. Penetapan standar kompetensi lulusan yang bertaraf  Nasional.
  2. Pembuatan Dokumen Kurikulum.
  3. Peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan ICT (International Communication and Tecnologhy).
  4. Peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar yang berbasis ICT dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  5. Peningkatan kelengkapan fasilitas madrasah yang mendukung program SNP (Standar Nasional Pendidikan).
  6. Peningkatan standar pengelolaan keuangan dan pembiayaaan.
  7. Penetapan system penilaian dengan standar Nasional.

B.     VISI dan Indikator VISI
1.    VISI :
UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL DALAM PENGUASAAN IPTEK BERLANDASKAN IMTAQ DAN SELALU TERDEPAN.
2.    Indikator VISI
a.       Unggul dalam standar kompetensi lulusan bertaraf Nasional.
b.      Memiliki kurikulum bertaraf Nasional
c.       Proses belajar mengajar yang berbasis ICT
d.      SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang bertaraf Nasional
e.       Fasilitas Madrasah yang lengkap (sekarang belum) dan bertaraf Nasional.
f.       Unggul dalam Manajeeen Pengelolaan yang berbasis Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M) dengan pola ICT.
g.      Standar biaya pendidikan yang sesuai dengan Standar Nasional.
h.      Memiliki model system penilaian yang bertaraf Nasional.

C.    MISI Madrasah
1.    Tercapainya standar kompetensi lulusan yang bertaraf Nasional.
2.    Terwujudnya seperangICT kurikulum yang bertaraf Nasional.
3.    Tercapainya mutu SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang bertaraf Nasional (min. S.1 dan mampu Berbahasa Arab serta ICT).
4.    Terpenuhinya fasilitas pokok Madrasah yang bertaraf Nasional.
5.    Terwujudnya model Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) secara penuh dengan pola berbasis ICT dan SIM (Sistem Informasi Manajemen).
6.    Tercapainya standar biaya siswa madrasah yang sesuai dengan Standar Nasional.
7.    Memberikan kesempatan kepada siswa miskin yang cerdas dan berprestasi.
8.    Terwujutnya system penilaian dengan Standar Nasional.

D.    Kurikulum
1.      KTSP Terpadu Berbasis Al Qur’an
2.      Kurikulum Kepesantrenan.

E.     Model Pengelolaan Pembelajaran
1.      Contekstual Teaching and Learning (CTL).
2.      Belajar Tuntas ( M. Learning)
3.      PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan)
4.      Joyfull Learning.
5.      Learning Comunnity (Komunitas Pembelajaran).

F.     Model Penilaian
PBK (Penilaian Berbasis Kelas)
1.      Forto Polio
2.      Unjuk Kerja
3.      Tugas-Tugas
4.      Ulangan Harian
5.      MID Semester.
6.      Ulangan Semester.
7.      Penugasan.
8.      Diskusi dan Presentasi.
9.      Ulangan Kenaikan Kelas.
10.  Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.
11.  Ujian Bilingual.
12.  Remidial.

G.    Program Layanan Siswa
1.      Moving Students Semester Class.
2.      Remidial
3.      Klinik Pembelajaran
4.      Pembelajaran Terbimbing
5.      Konseling
6.      Pengayaan
7.      PBM (Proses Belajar Mengajar) berbasis ICT.
8.      Layanan Perpustakaan.

H.    Kultur Sekolah
1.      Melaksanakan tata krama dan tata tertip kehidupan sosial di madrasah bagi Kepala Madrasah, Guru, Staf/TU dan Siswa.
2.      Peduli dan berbudaya lingkungan.
3.      Hidup bersih (lingkungan Madrasah bebas sampah).
4.      Menggunakan WC dan toilet seperti dirumah sendiri, cleaning service selalu standby.
5.      Infaq setiap hari Senin dan Jum’at.
6.      Melaksanakan puasa sunah Senin dan Kamis
7.      Shalat Dhuha, Dhuhur dan Ashar.
8.      Keputrian (setiap Jum’at).
9.      Arabic and English Day
-          Senin bebahasa Arab
-          Kamis berbahasa Inggris

I.       Program Unggulan
1.      Moving Students Semester Class.
2.      Kelas Bilingual.
3.      ADIWIYATA (Madrasah peduli dan berbudaya lingkuungan / perwujudan madrasah sehat).
4.      Koalisi Nasional.
5.      MSN (Madrasah Standar Nasional).
6.      MTs Al Ma’ruf Denpasar sebagai Pusat Sumber Belajar.
7.      Sistem Informasi Manajemen.

J.      Sarana Pendukung Pembelajaran
1.      Perpustakaan (masih perlu pengembangan dan koleksi buku tambahan).
2.      Laboratorium Komputer.
3.      Internet (terdapat pada Lab. Komputer).
4.      Multimedia (belum tersedia).
5.      Lingkungan madrasah berwawasan kesehatan.
6.      CD Pembelajaran (direncanakan ada untuk seluruh mata pelajaran).
7.      Lapangan Volly dan bulu tangkis.

K.    Pengembangan Diri
1.      Pramuka (Putra-Putri)
2.      Bola Volly (Putra-Putri)
3.      Bulu Tangkis (Putra-utri)
4.      Sepak Bola Lapangan.
5.      Karya Ilmiah Remaja.
6.      Arabic and English Club.
7.      Mading.
8.      Altetik.
9.      Science Club.

L.     Program Tahun 2011 / 2012
1.      Penyusunan RKM (Rencana Kerja Madrasah).
2.      Workshop RAPBM semua Guru/TU.
3.      Workshop Pembuatan Administrasi Pembelajaran (KTSP, Silabus, RPP).
4.      Workshop TUPOKSI Guru / TU.
5.      Outbond.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar